Tips Pola Makan Sehat Untuk Berat Badan Ideal

Polusi lingkungan, gaya hidup yang kurang aktif, serta makanan yang kurang sehat seringkali berpengaruh pada kesehatan dan berat badan seseorang. Oleh karena itu, memiliki pola makan sehat menjadi sangat penting untuk mencapai berat badan ideal dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, bagaimana cara mencari tahu pola makan yang sehat dan bergizi?

Artikel ini akan membahas tips-tips pola makan yang sehat untuk mencapai berat badan ideal. Banyak dari tips-tips ini akan membantu untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, serta memperbaiki pola makan Anda.

Pola Makan Sehat


Pola Makan Sehat

Pertama, perhatikan asupan kalori dan kebutuhan makan Anda. Asupan kalori dapat mempengaruhi berat badan seseorang.

Kalori yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang dengan kalori yang dikeluarkan dalam aktivitas sehari-hari. Jika asupan kalori lebih banyak daripada yang dikeluarkan, maka berat badan akan naik.

Rata-rata kebutuhan kalori per hari pada wanita dewasa adalah sekitar 2000-2200 kalori, sedangkan pada pria dewasa sekitar 2500-2700 kalori.

Jumlah ini tentu saja dapat bervariasi tergantung pada usia, tinggi, berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas sehari-hari seseorang.

Perhatikan juga nilai nutrisi yang terdapat dalam makanan Anda. Tubuh membutuhkan nutrisi yang beragam, seperti protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.

Mengonsumsi makanan yang seimbang secara nutrisi, akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Ketika memilih makanan, lebih baik konsumsi makanan yang lebih segar dan tidak terlalu diolah. Ini karena makanan yang diolah akan mengandung garam dan gula yang lebih tinggi.

Seringkali, bahan makanan yang diolah juga dibungkus dengan bahan pengawet yang tidak sehat bagi tubuh. Makanan yang fresh juga lebih banyak kandungan air yang tentunya rendah kalori.

Ketahui pula jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimasukkan dalam pola makan sehari-hari Anda :
  1. Buah dan sayuran

  2. Buah dan sayuran kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Serat dalam buah dan sayuran membantu menurunkan kolesterol, serta mencegah sembelit dan beberapa penyakit lainnya.

    Konsumsi buah dan sayur secara teratur juga dapat membuat tubuh terasa kenyang dalam waktu yang lama.

  3. Ikan

  4. Ikan adalah sumber protein yang sehat, rendah kalori, dan cukup tinggi lemak sehat (omega-3). Omega-3 dalam ikan sering dikaitkan dengan kesehatan otak dan jangka panjang.

  5. Kacang-kacangan

  6. Kacang-kacangan mengandung banyak protein dan serat serta kaya mineral seperti zat besi, magnesium dan potasium.

  7. Daging Putih

  8. Daging putih seperti ayam dan kalkun, memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan dengan daging merah lainnya. Anda dapat mengganti daging merah dengan daging putih di beberapa resep makanan untuk lebih sehat.

  9. Air Putih

  10. Anda harus selalu menyertakan air putih dalam pola makan sehat Anda. Air putih membantu menghidrasi tubuh Anda secara optimal dan membantu proses metabolisme. Menjaga minum air putih secara teratur dapat membantu mengurangi rasa lapar yang muncul.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pola makan adalah memilih sumber makanan yang berkualitas baik. Jangan terbuai dengan snacking di Junk food dan minuman yang mengandung banyak gula dan kafein.

Tips lainnya yang bisa Anda terapkan adalah:
  1. Makanlah Secara Teratur

  2. Makan pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu tubuh mengatur kadar insulin Anda dan memproduksi energi untuk memakai seharian. Kebiasaan makan yang tidak teratur justru bisa membuat Anda mengalami lapar atau tergoda untuk makan makanan-makanan yang tidak sehat.

  3. Perbanyak Sayuran dan Buah-buahan

  4. Jangan lupa untuk mempertimbangkan porsi sayuran dan buah yang terdapat dalam menu harian Anda. Usahakan untuk mengonsumsi beberapa jenis sayuran dan buah yang berbeda agar nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi setiap harinya.

  5. Hindari Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

  6. Tingginya konsumsi gula merupakan salah satu penyebab berat badan naik. Hindarilah makanan atau minuman yang mengandung glukosa tinggi, seperti soft drink, sirup, minuman energi dan sejenisnya.

  7. Konsumsi Protein yang Cukup

  8. Protein merupakan zat aktif yang dibutuhkan untuk membantu membangun massa otot. Tambahkan konsumsi protein, seperti daging ayam, ikan atau tempe dan tahu dalam makanan Anda.

  9. Pilih Karbohidrat Kompleks

  10. Karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah dan sejenisnya dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Karbohidrat kompleks juga memberikan kebiasaan makan yang sehat dan rendah kalori.

  11. Jangan Makan Malam Terlalu Larut

  12. Alangkah baiknya jika waktu makan malam Anda tidak terlalu larut belakangan. Biasakan untuk makan sebelum jam 8 malam agar tubuh Anda tidak menganggap hal tersebut sebagai hantaman pada kenormalitasan pola makan Anda.

  13. Terapkan Menu Cheat Day yang sehat

  14. Cheat Day atau hari saat Anda diperbolehkan makan makanan yang Anda suka sesuai selera masing-masing. Hal yang patut diperhatikan dalam cheat day adalah pemilihan asupan makanan yang sehat dan tidak membahayakan dalam jangka pendek maupun panjang bagi tubuh Anda.
Mengatur pola makan sangat penting untuk mencapai berat badan yang ideal dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Perhatikan asupan kalori, nilai nutrisi makanan, jenis makanan sehat, serta kebiasaan makan yang teratur dan seimbang.

Untuk mendapat hasil yang optimal, kombinasikan dengan gaya hidup yang aktif dan olahraga secara rutin. Selalu ingat, mempertahankan pola makan yang sehat memerlukan konsistensi, dan kesadaran diri untuk menjalankan gaya hidup sehat secara berkala.

 
Atas