Berat Badan Ideal. Ketahui, Ukur, dan Pertahankan

Memiliki berat badan ideal, merupakan hal yang seringkali menjadi keinginan banyak orang. Setiap orang memiliki berat badan yang berbeda-beda, namun banyak dari mereka yang merasa terlalu gemuk atau terlalu kurus.

Terkadang, perubahan berat badan dapat terjadi secara cepat atau lambat, bahkan tak jarang perubahan berat badan yang signifikan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan mengukur berat badan ideal serta menjaganya.

Berat Badan Ideal


Berat Badan Ideal

Berat badan ideal merupakan kisaran berat badan yang optimal untuk kesehatan tubuh. Namun, berat badan ideal sangat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, tinggi badan, massa otot, dan banyak faktor lainnya.

Agar dapat mengetahui berat badan ideal Anda, maka Anda harus melakukan perhitungan berdasarkan beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berat badan ideal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai berat badan ideal, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  1. Jenis kelamin

  2. Jenis kelamin memengaruhi berat badan ideal seseorang. Wanita dan pria memiliki metabolisme yang berbeda. Kebanyakan wanita memiliki proporsi lemak tubuh yang lebih besar daripada pria. Oleh karena itu, berat badan ideal untuk wanita dan pria biasanya berbeda.

  3. Tinggi Badan

  4. Tinggi badan juga memengaruhi berapa berat badan ideal seseorang. Seseorang yang lebih tinggi umumnya memiliki berat badan ideal yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang lebih pendek.

  5. Usia

  6. Usia juga memengaruhi berat badan ideal seseorang. Kebanyakkan orang cenderung mengalami penurunan massa otot dan peningkatan persentase lemak tubuh seiring bertambahnya usia.

  7. Aktivitas Fisik

  8. Aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari juga memengaruhi berat badan ideal seseorang. Seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang tinggi secara teratur cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi berat badan ideal, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung berat badan ideal Anda.

Terdapat beberapa cara untuk menghitung berat badan ideal. Berikut beberapa cara menghitung berat badan ideal:
  1. Menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT)

  2. IMT merupakan pengukuran untuk menentukan kategori berat badan, apakah termasuk kurus, normal, gemuk, atau obesitas. Pengukuran ini dihitung berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang. Untuk menghitungnya, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

    IMT=Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))

    Setelah menghitung IMT Anda, Anda dapat melihat kategori berat badan ideal Anda. Berikut sejumlah penjelasan mengenai IMT Anda yang harus diketahui:
    • Dibawah 18.5 = Kurus
    • 18.5–24.9 = Normal
    • 25.0–29.9 = Gemuk
    • ≥30.0 = Obesitas


  3. Menggunakan Rumus Broca

  4. Rumus Broca digunakan untuk mengetahui berat badan ideal dengan cara mengurangi tinggi badan Anda dalam sentimeter dengan 100 kemudian dikalikan dengan 0,9 (untuk wanita) atau 1 (untuk pria).

    Berikut rumusnya:
    • Wanita: (Tinggi Badan (cm) – 100) x 0,9 = Berat badan ideal (kg)
    • Pria: (Tinggi Badan (cm) – 100) x 1 = Berat badan ideal (kg)


  5. Menggunakan Rumus J.B. Devine

  6. Rumus J.B Devine tergolong cukup akurat, rumus ini menghitung kalori yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan normal. Rumus ini dinamakan setelah seorang ilmuwan bernama J.B Devine.

    Berikut rumus nya:
    • Pria: 50 kg + 2,3 kg untuk setiap cm di atas 152,4 cm tinggi badan.
    • Wanita: 45,5 kg + 2,3 kg untuk setiap cm di atas 152,4 cm tinggi badan.


  7. Menggunakan kulit lipat

  8. Kulit lipat digunakan oleh para ahli nutrisi dan medis. Dalam mengukur berat badan ideal, kulit lipat mengambil sampel dari 4 (empat) area kulit di tubuh yang dipilih secara acak, namun biasanya diambil dari area lengan dan perut.

    Setelah diukur, lipid layer pada kulit akan di-clip dengan sebuat gunting lipat khusus, dengan tujuan agar kulit kembali ke posisi asal. Area kulit yang dipilih ini akan dibandingkan dengan tabel standar yang biasanya digunakan oleh para ahli medis dan olahraga.
Menjaga Berat Badan Ideal
Sudah mengetahui berat badan ideal Anda? Selanjutnya adalah menjaga agar berat badan ideal tersebut tetap terjaga. Berikut beberapa tips untuk menjaga berat badan ideal:
  1. Konsumsi Makanan Sehat

  2. Makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan protein, serta karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan nasi merah bisa membantu menjaga berat badan Anda.

  3. Lakukan Olahraga Teratur

  4. Melakukan olahraga secara teratur, setidaknya 30 menit per hari, adalah cara yang efektf untuk menjaga berat badan ideal Anda dan membuat tubuh fit.

  5. Kurangi Konsumsi Minuman Bersoda

  6. Minuman bersoda dan minuman manis lainnya, sangat tinggi gula dan kalori. Apabila dikonsumsi secara terus-menerus, bisa berdampak pada kenaikan berat badan Anda.

  7. Kurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

  8. Makanan cepat saji mengandung banyak kalori yang dapat memicu kenaikan berat badan, jika tidak dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang cukup.
Berat badan ideal merupakan target yang ingin dicapai oleh kebanyakan orang. Memperoleh berat badan ideal memang mudah dilakukan namun mempertahankan berat badan ideal yang sesuai dengan kategori berat badan ideal memerlukan usaha dan kesabaran yang tinggi.

Dengan pelaksanaan gaya hidup sehat dan aktif, sebenarnya bisa dilakukan tanpa membatasi makanan yang diinginkan.

Beberapa cara untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal antara lain menjaga pola makan, mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga teratur dan mengurangi konsumsi minuman serta makanan tidak sehat. Dengan menjaga berat badan ideal, sudah barang tentu kedepannya akan mendapatkan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

 
Atas