12 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam

Kulit yang sehat dan bersih adalah salah satu impian setiap orang, terutama bagi remaja yang seringkali merasa tidak nyaman dengan masalah-masalah kulit yang muncul pada usia mereka. Meski perawatan kulit dari luar dengan menggunakan produk-produk skincare seperti pelembab dan serum sangat penting, namun menjaga kesehatan kulit dari dalam juga merupakan faktor penting yang seringkali terabaikan.

Perawatan kulit dari dalam dapat membantu menjaga kulit dari dalam dan menambah nutrisi yang diperlukan kulit. Selain itu, perawatan dari dalam juga dapat membantu kulit menjadi lebih cantik dan sehat, serta dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan kerutan.

Berikut adalah 12 tips terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam


Menjaga Kesehatan Kulit dari Dalam
  1. Minum Air Putih yang Cukup Setiap Harinya

  2. Air putih adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Air putih membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh yang dapat membantu membuang racun dan sampah dalam tubuh, menghindari terjadinya pembengkakan pada kulit serta membantu menjaga kulit tetap lembap.

    Jumlah konsumsi air yang direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan adalah 8 gelas air setiap hari. Namun, jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan individu. Lebih lanjut, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  3. Konsumsi makanan yang sehat

  4. Makanan yang sehat seperti buah dan sayur sangat penting untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat. Banyak makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi, diantaranya,
    1. Buah-buahan seperti lemon, jeruk, stroberi, kiwi, mangga, dan blueberry yang kaya akan vitamin C.
    2. Sayuran seperti brokoli, kale, bayam, dan kacang hijau yang kaya akan vitamin E dan beta-karoten.
    3. Alpukat, kacang kenari, dan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan lemak sehat.
    4. Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden yang kaya akan omega-3 dan vitamin D.
  5. Konsumsi makanan yang kaya akan serat

  6. Makanan yang kaya akan serat seperti oatmeal, biji-bijian, dan sayuran termasuk kacang-kacangan dapat membantu menjaga sistem pencernaan sehingga menyebabkan kulit terlihat lebih sehat dan bersih.

  7. Konsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat

  8. Makanan yang kaya akan lemak sehat seperti ikan salmon, alpukat, dan minyak zaitun, mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat.

  9. Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan

  10. Makanan olahan dan gula dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dalam kulit dan menyebabkan jerawat. Sebaiknya hindari makanan olahan dan jajanan yang terlalu banyak mengandung gula.

  11. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok

  12. Merokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kasar, dan mengencang. Kedua faktor ini juga dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerutan pada kulit.

  13. Tidur yang cukup

  14. Tidur yang cukup dapat membantu mengembalikan stamina tubuh serta membantu menenangkan kulit. Dengan tidur yang cukup, kulit dapat memperbaiki diri dari kerusakan yang terjadi selama kita bekerja di siang hari.

  15. Hindari terlalu banyak terpapar sinar matahari

  16. Terlalu banyak terpapar sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kulit kering, kasar dan juga dapat menyebabkan kulit mudah terbakar dan terkena kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya serta memakai penutup kepala atau jas hujan saat terpapar sinar matahari.

  17. Berolahraga teratur

  18. Olahraga teratur dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh yang dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Selain itu juga dapat membantu mengurangi stress dan menjaga daya tahan tubuh.

  19. Jaga kebersihan kulit

  20. Menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci wajah dan mandi dengan air hangat dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

  21. Hindari stres

  22. Stres akan membawa efek buruk untuk kulit. Stres dapat membuat kulit terlihat kusam dan dapat menyebabkan munculnya jerawat, eksim, dan dermatitis. Selalu cari cara untuk mengatasi stres seperti yoga atau meditasi.

  23. Jangan sering menyentuh wajah

  24. Sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau berminyak dapat menyebabkan kulit menjadi terkontaminasi oleh bakteri yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat dan infeksi kulit.
Dengan mengikuti 12 tips di atas, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Selain itu, perawatan dari luar seperti menggunakan produk skincare seperti pelembab, serum, dan tabir surya juga tetap perlu dilakukan. Memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit serta rutin dalam menggunakannya juga merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit tetap terjaga.

Penting untuk diingat bahwa menjaga kesehatan kulit tidak hanya sebatas perawatan dari luar, namun juga membutuhkan upaya dari dalam. Menerapkan pola hidup yang sehat dan berolahraga secara teratur juga ikut membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Sesuai dengan pepatah, "kulit bukan hanya cerminan kecantikan luar, tetapi juga seberapa banyak cintamu dalam menjaga kesehatanmu".

 
Atas