Kulit Sensitif, Merawat Dan Memilih Produk Yang Tepat

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang rentan mengalami reaksi iritasi atau alergi akibat pengaruh faktor internal maupun eksternal.

Gejala kulit sensitif bisa bervariasi, mulai dari kemerahan, gatal-gatal, kulit kering, perih, bahkan bercak-bercak yang sulit hilang.

Kulit Sensitif


Kulit Sensitif

Beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit sensitif antara lain:
  1. Genetik
  2. Kondisi ini bisa diturunkan dari orangtua atau keluarga yang juga memiliki kulit sensitif.

  3. Kondisi medis atau gangguan hormonal
  4. Misalnya saja rosacea, psoriasis, dermatitis, atau kondisi yang mempengaruhi hormon seperti kehamilan dan menopause.

  5. Pengaruh lingkungan
  6. Suhu yang ekstrem, polusi, sinar matahari, dan paparan bahan kimia dan bahan sintetis yang digunakan pada kosmetik atau produk perawatan tubuh.

  7. Efek samping dari obat
  8. Beberapa jenis obat bisa menyebabkan reaksi kulit sensitif, misalnya antibiotik, obat anti-inflamasi, obat penghilang rasa sakit, atau obat untuk kondisi kronis tertentu.
Kulit sensitif bisa terjadi pada semua jenis kulit, namun cenderung lebih sering terjadi pada kulit kering dan tipis. Selain itu, kulit sensitif juga sering ditemukan pada bayi dan anak-anak karena sistem pertahanan kulit masih belum sempurna.

Merawat Kulit Sensitif

Merawat kulit sensitif membutuhkan perhatian yang tepat agar hasilnya maksimal. Tips dan trik berikut ini bisa membantu Anda mengatasi masalah kulit sensitif yang sering Anda alami:
  1. Cari tahu penyebab kulit sensitif Anda.

  2. Mengevaluasi gaya hidup dan rutinitas perawatan kulit bisa membantu Anda mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi kulit sensitif.

    Setelah menemukan penyebab utama, Anda bisa memilih produk perawatan kulit yang tepat dan menghindari lingkungan atau zat-zat yang memicu reaksi alergi atau iritasi.
  3. Pilih produk perawatan kulit yang lembut dan bebas parfum.

  4. Produk perawatan kulit seperti sabun, pelembab, atau masker wajah harus dipilih secara hati-hati agar tidak memperburuk kondisi kulit sensitif.

    Pilih sabun atau gel pembersih yang memiliki pH seimbang dan lembut, hindari produk yang mengandung alkohol atau sulfat, serta produk yang mengandung wangi-wangian atau pewangi buatan.

    Gunakan pelembab yang cukup, namun jangan terlalu banyak mengoleskannya. Pastikan juga produk itu bebas dari bahan kimia yang berbahaya dan alergen.
  5. Hindari scrubbing atau terlalu banyak menggosok kulit.

  6. Scrubbing sebenarnya bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Namun untuk kulit sensitif, teknik scrubbing bisa memicu iritasi dan radang.

    Hindari pula kebiasaan menggosok kulit terlalu keras saat membersihkan wajah atau badan.

    Gunakan gerakan lembut dan circular motion untuk memijat kulit agar sirkulasi darah lebih baik, jangan terlalu sering dan pakai gaya tarik sawang, stroke atau puntiran membahayakan kulit.
  7. Perhatikan faktor cuaca atau lingkungan.

  8. Terlalu banyak terpapar sinar matahari atau cuaca yang dingin bisa mempengaruhi kondisi kulit sensitif. Pastikan Anda memakai perlindungan matahari yang cukup dan mengenakan pakaian yang nyaman saat terpapar sinar matahari.

    Jangan terlalu sering berada di ruangan dengan pendingin udara yang terlalu dingin atau terlalu lembap, karena bisa meningkatkan risiko kulit kering atau merah.
  9. Konsultasi dokter kulit atau ahli kecantikan.

  10. Jika kulit sensitif yang dialami sudah mulai mengganggu kenyamanan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan yang berpengalaman. Mereka bisa memberikan rekomendasi produk atau perawatan kulit yang lebih spesifik sesuai kebutuhan kulit sensitif Anda.

Rekomendasi Produk untuk Kulit Sensitif

Memilih produk perawatan kulit ternyata bukan perkara mudah, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun dengan memperhatikan kriteria produk yang baik dan aman, Anda bisa memilih brand-brand perawatan kulit yang terpercaya dan menghasilkan hasil yang membuat kulit Anda happy.

Berikut ini beberapa brand dan produk yang aman dan direkomendasikan untuk kulit sensitif:
  1. La Roche Posay

  2. La Roche Posay adalah brand perawatan kulit yang terkenal dengan produknya yang bebas paraben dan cocok untuk kulit sensitif. Produk-produknya terdiri dari beragam kategori, mulai dari sabun pembersih, toner, serum, pelembab, hingga sunscreen yang aman digunakan sehari-hari.

    Produk andalan dari La Roche Posay salah satunya adalah Toleriane Ultra Moisturizer, pelembab harian untuk kulit sensitif yang mengandung Neurosensine yang bisa mengurangi reaksi inflamasi pada kulit sensitif. Produk ini juga dilengkapi dengan Air Thermal Spring yang dapat menjaga hidrasi dan kelembapan kulit Anda.
  3. Avene

  4. Avene merupakan brand yang sangat terkenal di Perancis dan Eropa sebagai perawatan kulit khusus bagi kulit sensitif atau kulit yang berjerawat. Produk-produk Avene sangat aman digunakan oleh semua jenis usia dan jenis kulit, tanpa efek samping dan iritasi.

    Beberapa produk Avene yang direkomendasikan untuk kulit sensitif antara lain Avene Clean-AC Cleansing Cream, Avene Hydrance Intense Rehydrating Serum, dan Avene Xeracalm A.D Lipid-Replenishing Balm.
  5. Cetaphil

  6. Cetaphil adalah brand perawatan kulit yang terkenal dengan produknya yang hypoallergenic dan free fragrance, sehingga sangat aman untuk digunakan pada kulit sensitif bayi, dilansir dari Cetaphil.com.

    Produk-produk Cetaphil yang sering digunakan para dermatolog dan ahli kecantikan antara lain sabun pembersih Cetaphil Gentle Skin Cleanser, Cetaphil Moisturizing Cream, dan Cetaphil Daily Facial Moisturizer with Sunscreen.

    Semua produk dari Cetaphil dirancang untuk merawat dan menjaga kelembapan kulit sensitif tanpa menyebabkan iritasi atau pengelupasan.
Semua produk dari merk di atas bisa Anda dapatkan di halaman supermarket kami.

Pentingnya Merawat Kulit Sensitif dengan Benar

Merawat kulit sensitif bukan hanya sekedar membiasakan rutinitas perawatan saja, tapi juga mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Perawatan kulit yang tepat bisa meminimalisir risiko iritasi, jerawat, atau masalah kulit lainnya dan membuat kulit sensitif Anda selalu sehat, lembut, dan glowing.

Saran kami, selalu ingat untuk memilih produk perawatan kulit yang aman dan bebas dari kandungan kimia berbahaya. Lebih baik mencari produk-produk yang mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera atau bahan alami lainnya.

Selalu perhatikan petunjuk penggunaan produk yang tertera pada kemasan dan jangan terlalu sering mengganti produk perawatan kulit pada saat yang bersamaan, karena bisa membuat kulit sensitif semakin mengalami reaksi alergi atau iritasi.

Dengan merawat kulit sensitif dengan benar, Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan saran dan rekomendasi produk yang cocok untuk kulit sensitif Anda.

 
Atas