7 Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok

Tentu saja semua orang menginginkan rambut sehat dan berkilau, namun sulit untuk mengatasi masalah rambut rontok, apalagi bagi mereka yang menggunakan hijab atau jilbab.

Penggunaan hijab yang tidak tepat bisa membuat rambut menjadi rapuh, mudah rontok, dan sulit diatur. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kami akan memberikan tips cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok.

Cara Merawat Rambut Berjilbab


Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok
Sebelum membahas lebih jauh, mari kita jawab pertanyaan umum seputar cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok.
  1. Apakah penggunaan jilbab secara rutin dapat menyebabkan rambut rontok?

  2. Ya, penggunaan jilbab yang kurang tepat dapat membuat rambut menjadi rapuh, mudah rontok, dan sulit diatur.

  3. Apa saja cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok?

  4. Pilih bahan jilbab yang sesuai dan nyaman, hindari menyisir rambut terlalu sering, gunakan shampoo yang sesuai, gunakan hair tonic atau serum, melakukan perawatan rambut seperti creambath, rebonding, atau hair spa secara rutin, hindari mengikat rambut yang terlalu kencang, dan konsumsi makanan yang sehat.
Lebih lengkapnya, berikut adalah tips cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok:

Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Rontok

  1. Pilih Bahan Jilbab yang Sesuai

  2. Untuk mencegah rambut rontok, sebaiknya kamu memilih bahan jilbab yang sesuai dan nyaman digunakan.

    Hindari bahan jilbab yang terlalu ketat atau terlalu tebal karena dapat membuat kulit kepala tidak bisa bernapas dan mengakibatkan rambut mudah rontok. Beberapa bahan jilbab yang disarankan adalah katun, rayon, dan bahan jersey.
  3. Jangan Menyisir Rambut Terlalu Sering

  4. Rambut berjilbab tidak membutuhkan penyisiran terlalu sering, karena hal tersebut hanya akan membuat rambut mudah rontok. Sisirlah rambut hanya saat diperlukan dan jika memang ada keperluan untuk membenahi model jilbab.
  5. Gunakan Shampoo yang Sesuai

  6. Memilih shampo yang tepat juga sangat penting dalam merawat rambut berjilbab agar tidak rontok.

    Pilihlah shampo yang mengandung zat aktif yang dapat membantu menguatkan akar rambut dan menjaganya tetap kuat. Namun, hindari menggunakan shampo yang mengandung bahan kimia keras yang berpotensi merusak rambut.

    Baca juga, 4 bahaya asal pilih shampoo rambut.
  7. Gunakan Hair Tonic atau Serum

  8. Menggunakan hair tonic atau serum dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih kuat dan sehat. Kamu dapat menggunakan hair tonic atau serum setiap kali keramas untuk memaksimalkan perawatan rambut.
  9. Rutin Menebalkan Rambut

  10. Rambut berjilbab cenderung lebih mudah rontok karena kurang terkena sinar matahari dan udara. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan sejumlah perawatan yang dapat membantu menebalkan rambut seperti creambath, rebonding, atau hair spa.

    Pastikan kamu melakukannya secara rutin dan berkala untuk hasil yang lebih optimal.
  11. Hindari Mengikat Rambut yang Terlalu Kencang

  12. Seperti yang sudah kami tulis di artikel fakta bahaya terlalu sering mengikat rambut, mengikat rambut yang terlalu kencang dapat membuat rambut mudah rontok. Hindari mengikat rambut dengan kuat, terutama pada saat tidur malam karena posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan rambut.
  13. Konsumsi Makanan yang Sehat

  14. Makanan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Sebaiknya, konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar rambut tetap sehat dan terhidrasi.
Baca juga, cara alami mengatasi kerontokan rambut.

Merawat rambut berjilbab agar tidak rontok membutuhkan perawatan yang benar dan teratur. Pilihlah bahan jilbab yang sesuai dan nyaman digunakan, hindari menyisir rambut terlalu sering, gunakan shampoo dan hair tonic atau serum yang sesuai, rutin melakukan perawatan rambut seperti creambath, rebonding, atau hair spa, hindari mengikat rambut yang terlalu kencang, dan konsumsi makanan yang sehat.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu dapat menjaga kesehatan rambut yang berjilbab bahkan mendukung tumbuhnya rambut yang lebih kuat, sehat, dan berkilau.

Yuk, segera terapkan tips cara merawat rambut berjilbab agar tidak rontok untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambutmu!

 
Atas